Rasvan Aoki @rasvan aoki “Rindu dan Untamed Heart”

8052

Rasvan Aoki, duet lovers rock / reggae fusion darikota Surabaya meluncurkan debut albumnya  yang berjudul Tyaga pada 23 Februari 2018 ini. Grup yang terbentuk di tahun 2012 ini merilis debut album dengan nama unik Tyaga. Pemilihan kata “Tyaga” sendiri berhubungan dengan tema yang diangkat oleh dua personel dari Rasvan Aoki, Rasvan Daus (Vokal, gitar dan perkusi) dan Aoki Chan (Vokal) tentang ketulusan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Kata “Tyaga” sendiri berasal dari sebuah satu kata di perbendaharaan Bahasa Sansekerta Kuno yang berarti : “melakukan perbuatan tulus, tanpa melihat hasil akhir.”.

Album Tyaga adalah sebuah kerja keras dan penuh kolaborasi dari Rasvan Aoki yang dirintis sejak 2013. Sepanjang waktu tersebut Rasvandan Aoki menggubah banyak lagu yang akhirnya setelah melalui proses seleksi dan urun rembug terpilih delapan lagu yang dimasukan dalam debut album ini. Proses yang cukup lama diwarnai oleh banyak kendala antara lain, keterlibatan Rasvan dan Aoki di beberapa proyek music dan seni diluar Rasvan Aoki. Proses rekaman dari kedelapan lagu ini bukannya menjadi komunikasi satu arah antara Rasvan Aoki dengan musisi pendukungnya. Adanya satu hubungan dua arah, dilakukan agar musisi pendukung juga ikut member dan menerima warna dalam semua musik yang diciptakan oleh Rasvan Aoki. Dapat dikatakan proses rekamanbTyaga adalah sebuah proses rekaman musik yang demokratis sehingga para musisi pendukung juga cukup nyaman dalam membawakan lagu-lagu Rasvan Aoki, baik di studio maupun saat tampil live.

Delapan lagu dalam Tyaga banyak terinspirasi dari kehidupan sehari-hari Rasvan Aoki. Inspirasi yang Rasvandan Aoki dapatkan berasal dari permasalahan hidup mereka berdua, teman-teman sesame musisi indie, keluarga, teman kerja, teman-teman komunitas hingga warung kopi dan orang asing yang mereka temui di jalan.

Lagu Rindu menjadi lagu pembuka di album ini, sekaligus menjadi single pertama Rasvan Aoki yang dirilis resmi secara digital pada 28 Juli 2017. Lagu ini dan video klipnya menjadi pembuka jalan Rasvan Aoki untuk memperkenalkan jati diri dan music mereka ke khalayak yang lebih luas.

Video pendukung lagu ini produseri oleh Rasvan Aoki sendiri dan pengambilan gambarnya dilakukan di Surabaya serta Thailand.

Setelah merilis lagu kedua mereka yang berjudul “when you’re sleep”, Rasvan Aoki merilis lagu ketiga mereka “untamed heart” bersamadengan full album 23 Februari 2018 ini. Lagu ini memiliki cerita yang unik, karena sebelumnya berbahasa Indonesia. Aoki berhasil mengubah beat dan getarannya dengan menceritakan kisah cinta yang menyedihkan dalam bahasa Inggris, lalu rasvan setuju untuk membuat ulang musiknya sampai akhir, dan mereka merekamnya hanya dalam beberapa jam, sedikit berakhir sebagai lagu favorit aoki di album ini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.