Membuat VPS Baru di Vultr

deploy new instance vultr

Kali ini saya ingin sedikit berbagi cara bagaimana membuat VPS baru di Vultr dan ini merupakan dokumentasi pribadi untuk membuat VPS baru atau biasa disebut Deploy New Instance. Terbilang mudah karena cukup dengan beberapa langkah seperti berikut, terlebuih server medinafm.id juga di hosting di Vultr. Pastikan saldo Anda mencukupi dengan minimal $5, penambahan saldo bisa melalui kartu kredit maupun Paypal pada bagian menu Billing.

 

  1. Masuk ke my.vultr.com
  2. Halaman awal akan menampilkan menu Server, dipojok kanan terdapat tombol + klik untuk membuat/menambah VPS baru.
  3. Akan tampil halaman seperti gambar diatas untuk mengkonfigurasi spesifikasi VPS yang akan dibuat seperti pemilihan Lokasi data center, seperti Amerika, Eropa, Australia dan Asia. Adanya Asia / Singapura menjadi salahsatu alasan kenapa memilih Vultr. Operating System, CentOs, CoreOs, Ubuntu, Debian, FreeBSD, OpenBSD, Fedora dan Windows. Server Size, diawali dengan kapasitas 1 CPU, RAM 1024 MB, Disk Space 25GB dengan biaya $5.
  4. Berina nama vps dengan misalnya server.medinafm.id pada kolom Server Hostname & Label.
  5. Setelah semuanya dikonfigurasi sesuai kebutuhan maka klik tombol Deploy Now yang ada dipojok kanan bawah.
  6. Tunggu hingga Status Server Running. dan VPS siap digunakan.

Informasi detail mengenai VPS, klik saja pada nama/hostname VPS yang berada di menu Servers, berisi informasi Lokasi, Alamat IP, Password root dan lainnya. Akses VPS bisa menggunakan PuTTY di Windows, Terminal Ubuntu maupun terminal lainnya dan Mungkin itulah dokumentasi saya ketika membuat VPS baru di Vultr, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.