HIV-AIDS, Jauhi Penyakitnya Bukan Orangnya…!!!


Medinafm (Garut) – HARI AIDS SEDUNIA diperingati setiap tanggal 1 Desember, yang merupakan hasil dari Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia pada tahun 1988, ketika mendiskusikan program penanggulangan HIV AIDS. Tujuan ditetapkannya HAS adalah untuk mengingatkan pentingnya peran dan komitmen negara-negara di dunia dalam upaya penanggulangan HIV AIDS.

Pada tahun ini tema Nasional Hari Aids Sedunia adalah “Bersama Masyarakat Meraih Sukses!”. Melalui tema ini Kementerian Kesehatan dan para mitranya ingin mengajak seluaruh lapisan masyarakat untuk meraih sukses mencapai 3 zero pada tahun 2030, yaitu Zero New Infection atau tidak ada infeksi baru HIV-AIDS, Zero AIDS Related Deaths atau tidak ada kematian akibat AIDS dan Zero Discrimination atau tidak ada stigma dan diskriminasi kepada Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA).

Tema nasional dipilih untuk melanjutkan semangat kampanye #SayaBeraniSayaSehat yang dicanangkan sejak tahun 2017 untuk menyerukan tes HIV dan meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh masyarakat terhadap HIV AIDS.

Kampanye selanjutnya #adaObatadaJalan pada tahun 2018 bahwa dengan tahu status HIV secara dini, ODHA tetap bisa produktif untuk memberikan yang terbaik bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat karena sekarang ada obatnya.

Peringatan Hari AIDS Sedunia tahun 2019 merupakan gerakan global untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat agar peduli untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga dari HIV AIDS serta menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap ODHA.

Meningkatkan komitmen dari pemerintahan organisasi peduli AIDS terhadap pencegahan dan pengendalian HIV AIDS serta Membuka akses dalam pelayanan Tes dan Pengobatan HIV bagi masyarakat dengan melibatkan semua penyedia layanan kesehatan sesuai dengan fungsi dan fasilitas yang dimiliki, sehingga hak pasien dapat terjamin untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.