Ini Minuman yang Bisa Cegah Dehidrasi di Musim Kemarau


Medinafm (Garut) – Dehidrasi adalah kondisi saat tubuh kita tidak punya cukup air untuk membantu tubuh tetap bekerja dengan baik. Tubuh kita mendapatkan air dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Kemudian tubuh kehilangan cairan dari keringat, air kencing, hingga uap air saat bernapas.

Supaya tubuh tetap bisa bekerja dengan baik, kita harus mengonsumsi makanan dan minuman yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan.

Supaya tidak dehidrasi di musim kemarau kita bisa memenuhi kebutuhan cairan dengan minum minuman yang tepat. Berikut beberapa minuman yang bisa dijadikan pilihan untuk mencegah dehidrasi di musim kemarau.

1. Air Putih

Air putih adalah minuman yang paling baik untuk mencegah kondisi dehidrasi. Sebaiknya kita selalu membawa air putih di dalam botol atau tumblr sendiri supaya bisa minum sewaktu-waktu.

Yang terpenting, kita harus segera minum saat kehausan dan minum lebih banyak saat beraktivitas seperti saat bermain atau berolahraga.

2. Air Kelapa

Air kelapa tak hanya memuaskan dahaga, tapi juga memiliki beberapa manfaat sehat. Air kelapa memiliki kandungan elektrolit seperti sodium, magnesium, potasium, dan kalsium yang baik untuk mencegah masalah kekurangan cairan tubuh.

3. Jus Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin ini dapat berfungsi sebagai antioksidan, yang bermanfaat dalam menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit infeksi. Agar manfaatnya bisa sekaligus mencegah dehidrasi, kita dapat mengonsumsi jeruk dalam bentuk jus. Jus jeruk  ini lebih baik tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya.

4. Susu

Terik matahari di musim kemarau menyebabkan produksi keringat meningkat, sehingga cairan tubuh bisa hilang lebih cepat. Supaya mencegah terjadinya dehidrasi, kita bisa minum susu sebagai bagian dari pola makan sehari-hari.

Susu memiliki kandungan nutrisi yang mampu menggantikan sejumlah cairan dan elektrolit tubuh yang hilang. Bahkan, jika dikonsumsi dengan tepat setiap hari, minuman sehat ini juga mampu menjaga kesehatan sel otot maupun tulang.

5. Minuman Isotonik

Jika kita harus beraktivitas di bawah teriknya matahari musim kemarau, pengeluaran keringat dalam jumlah berlebih kerap tak bisa dihindari.

Salah satu solusi mencegag dehidrasi adalah minuman isotonik. Jenis minuman ini  memiliki tekanan osmotik yang sama dengan cairan tubuh, sehingga mempermudah terjadinya pertukaran elektrolit maupun senyawa lainnya. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.