Antisipasi Banjir, Tim Gabungan Bersihkan Eceng Gondok di Sungai Cimanuk


Medinafm (Garut) – Mencegah terjadinya Banjir saat musim penghujan, petugas gabungan membersihkan ribuan eceng gondok yang tumbuh menutupi Sungai Cimanuk, di lokasi jembatan sampai Bendungan Copong Garut, Rabu (11/12/2019).

Kepala Seksi Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Garut Daris Hilman mengatakan, petugas gabungan yang turut membersihkan Sungai Cimanuk terdiri dari bergagai elemen diantaranya anggota BPBD Kabupaten Garut, Polres Garut, TNI, Satpol PP Garut, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Garut, Disdamkar Garut, komunitas jeep kujang dan masyarakat.

Daris menjelaskan, para petugas gabungan itu ditugaskan di dua lokasi. Sebagian relawan bertugas mencabut eceng gondok yang tumbuh di bawah Jembatan Copong, Kecamatan Garut Kota. Kemudian eceng gondok itu dialirkan ke Bendungan Copong.

“Lalu eceng gondok akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah Pasir Bajing dengan menggunakan truk milik Dinas Lingkungan Hidup,” ungkap Daris.

Tim Gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI/Polri, Satpol PP dan Stakehokder lainnya membersihkan eceng gondok di sungai Cimanuk hingga bendungan Copong (Foto Ist)

Untuk melakukannya, kata Garis, para petugas gabungan menggunakan lima perahu karet dan satu motor tempel. Ada juga warga sekitar yang secara sukarela ikut membersihkan sungai dengan cara berenang menggunakan ban karet.

Dikatakan Daris, selain jumlah perahu yang terbatas, ketersediaan pelampung juga terbatas. Oleh karena itu, kegiatan pembersihan Sungai Cimanuk dilakukan bergantian oleh relawan.

“Mudah-mudahan pekan ini selesai karena ini jelang musim penghujan dikhawatirkan air dari hulu Cimanuk besar,” kata Daris. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.